Belajar Optimalisasi Lahan dengan Bu Mugi

Minggu pagi ini, (16/02) kembali kami adakan Kelas Berkebun bersama mitra kami Kelompok Tani Kelina Pandean. Walaupun mendung menghiasi langit pagi ini, tidak memupus semangat peserta kelas untuk belajar menciptakan kebun pangan impian mereka walaupun dengan lahan yang sempit.

Kelas Berkebun minggu ini diikuti oleh delapan peserta yang berasal dari Kota Semarang dan Sekitarnya. Dengan berbagai macam latarbelakang pendidikan dan motivasi mereka terlibat pada diskusi yang cukup seru pada kelas kali ini. Hal ini dikarenakan metode yang kami terapkan di setiap kelas adalah 30 % teori dan 70% praktek dan diskusi.

Dengan bantuan praktek dari Masdar(Farm Assistant of Teman Berkebun), para peseta diajak melihat beberapa contoh instalasi yang digunakan oleh kelompok tani Kelina Padean. Karena mereka nyaris tidak memiliki lahan, mereka menggunakan beberapa fasilitas umum yang mangkrak untuk ditanami beberapa tanaman pangan yang bisa mereka konsumsi sendiri, diolah atau dijual secara langsung. Setelah itu mereka melihat pembuatan vertical paralon, yakni instalasi sederhana urban farming yang memanfaatkan paralon sebagai bahan utamanya.

Kelas Berkebun bulan ini akan kembali di adakan pada akhir pekan depan. Mengangkat tema Budidaya Anggrek anda dapat melihat contoh kebun anggrek di perkotaan dan berbagi manisnya bisnis ini di masa yang datang. Untuk itu silahkan cek di sosial media kami untuk pendaftarannya atau buka linktr.ee/temanberkebun. Sampai jumpa di aktifitas berikutnya, sobat!

Leave A Comment