Mewujudkan Pusat Edukasi Pertanian Melalui Gerakan Kerelawanan YouSUF! Vol 05

YouSUF! Adalah akronim dari “Youth Support Urban Farmers”. Kini telah menginjak volumenya yang kelima. Ini merupakan program inisiatif dari Yayasan Bhumi Horta dan Teman Berkebun untuk menggerakan pemuda untuk turut berperan langsung secara aktif mendukung perkembangan pertanian khsusunya pertanian perkotaan di masa kini dan masa yang akan datang.

YouSUF! Vol 05 kali ini, dilaksanakan pada di Joglo Farm (Ex Joglo Ageng) yang berlokasi di Kampung Alam Malon, Gunungpati, Kota Semarang. Bersama dengan pemiliki lahan dan petani setempat kami memulali kegiatan perdana bersama relawan pada hari minggu pagi pekan lalu (08/03). Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan buka lahan pertama yang kedepannya akan menjadi pusat kegiatan edukasi urban farming di Kota Semarang, khusunya area Gunungpati sekitarnya.

Di volume kelima ini, YouSUF dihadiri oleh 20 relawan, 5 mitra petani, dan 7 petani setempat. Dengan menggunakan metode ‘non-fromal education’ yang dipandu oleh para trainer Yayasan Bhumi Horta, kegiatan ini menawarkan pembelajaran peserta yang menekankan pada proses sekaligus kegiatan fisik yang berorientasi pada target. Kegiatan YouSUF adalah bukan loka karya, atau pelatihan pertanian pada umumnya. Kegitan pembelajaran dilakukan dengan dua arah, sehingga informasi yang didapatkan lebih kaya dan bervariasi baik dari fasilitor atau peserta kegiatan.  

Dalam kegiatan ini, para relawan, farm assistant, mitra petani, serta staff dipertemukan dalam satu aktifitas. Dengan panduan fasilitator, kelompok harus memenuhi  target pekerjaan yang harus dikerjakan dengan limitasi waktu yang disediakan. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui ‘briefing’ di awal kegiatan dan ‘debriefing’ di akhir kegiatan selesai dilaksanakan. 

admin

Leave A Comment