Dengan Sipindo, Berkebun Jadi Lebih Mudah

Anda bisa mengunduh aplikasi SIPINDO powered by SMARTseeds melalui referral kode berikut: 

https://sipindo.page.link/SDEukw6CFNfW6iNC6

Berkebun di negara tropis dengan dilintasi garis katulistiwa bisa menjadi sebuah keuntungan atau tantangan di waktu yang bersamaan. Kita tidak ada ketergantungan kepada musim, seperti yang terjadi di negara empat musim. Sehingga tanaman dapat tumbuh setiap saat dan tidak pernah berhenti produksi. Namun kondisi ini juga berdampak pada keberadaan hama dan penyakit tanaman , yang juga selalu ada di sepanjang musim tanam. 

Di awal tahun 2020 seluruh dunia sedang diuji oleh wabah covid-19 yang kemungkinan akan merubah total bagaimana kita hidup di masa depan sebagai manusia. Salah satunya bidang terdampak adalah pastinya mereka yang bekerja di lahan dimana mereka mau tidak mau harus keluar rumah termasuk Pertanian. Merekalah “Pahlawan Pangan” kita yang masih berjuang untuk tetap menjaga stok pangan kita cukup di beberapa masa kedepan hingga kini. Karena sejauh ini tidak ada yang bisa memastikan kapan wabah ini akan berakhir. 

Namun, setelah ini semua selesai, setidaknya kita tidak lagi bermain-main dengan isu “ketahanan pangan”. Momentum ini adalah saat yang tepat bagi kita, untuk mengkaji kembali tentang cara kita hidup sebagai masyarakat. Ketergatungan pangan negeri pada produk-produk impor, sebenarnya bisa teratasi apabila setiap keluarga mulai mempertimbankan lumbung pangan mareka di rumah mereka atau di lingkungan mereka. Sehingga masyarakat kita bisa lebih siap untuk menghadapi masa depan yang penuh dengan ketidakpastian. 

Taukah anda? Sekarang banyak aplikasi bermunculan untuk mempermudah kegiatan berkebun anda. Karena ingatlah bawa berkebun tidak hanya masalah siram tanam pagi dan sore, namun di dalamnya adalah elemen perawatan tanaman yang bisa menjadi momok para petani pemula. Kadang, keputusasaan melanda ketika kita gagal mendeteksi penyakit, hama, hingga virus yang menyerang tanaman kita, sehingga tanaman mati hingga berujung pada gagal panen. 

Diantara aplikasi yang bertebaran, Teman Berkebun telah menggunakan “SIPINDO powered by SMARTseeds”. Aplikasi ini adalah  aplikasi pertanian berbasis android yang memberikan kemudahan akses informasi pertanian kepada petani. Kita dapat mendapatkan informasi mulai dari teknik budidaya tanaman, hama penyakit tanaman, serta menyediakan akses pasar untuk kebutuhan jual beli hasil panen mereka. Awal pengembangan aplikasi SIPINDO merupakan hasil kolaborasi antara PT. East West Seed Indonesia (EWINDO) dan AIP PRISMA. Pada tahun 2017, SIPINDO terintegrasi dalam SMARTseeds project, yaitu suatu project kerjasama Indonesia-Belanda. Sehingga, Fitur yang ada saat ini semakin lengkap.

Berikut ini 5 fitur unggulan teratas menurut Teman berkebun yang bisa kamu manfaatkan untuk mempermudah anda berkebun di #rumahsaja. 

Crop Diseases Pests 

Fitur ini akan menampilkan beberapa klasifikasi gangguan pertumbuhan tanaman berdasarkan jenis tanaman yang sedang anda tanam. Dengan dilengkapi gambar dan jenis hama, sehingga memudahkan anda untuk mencocokannya dengan kondisi tanaman saat ini. 

Saran penanganan selalu terdiri dari dua jenis langkah yakni: non kimiawi, dan kimiawi. Sehingga anda dapat tetap menjaga kualitas organik hasil panen anda nantinya. 

Good Agricultural Practices 

Fitur ini membantu ada menghitung biaya yang dibutuhkan untuk menanam suatu komoditas. Hanya dengan mencocokan luasan lahan dan jenis tanaman yang akan kita tanam, aplikasi ini akan menghitung perkiraan besaran biaya yang harus kita sediakan serta jumlah pohon yang kemungkinan bisa tertanam. 

Apabila ada membaca penjelasan rekomendasi tersebut lebih lanjut, anda mendapatkan lebih detil panduan bagaimana anda memepersiapkan lahan penanaman, hingga jenis pupuk apa yang disarankan untuk diterapkan berikut dengan frekuesni pengaplikasiannya pada tanaman kita. 

Maping of Planting Areas

Kadang sebegai petani pemula kita bingung tentang komoditas apa yang akan kita tanam. Salah-salah, kita tanam komoditas yang sudah terlalu banyak ditanam sehingga ujung-ujungnya rugi atau ‘bakbuk’ istilah orang jawa. Untuk itu fitur ini menyajikan data komoditas apa saja yang sedang di tanam di sekitar kita tinggal. 

Anda hanya cukup mengetik nama lokasi atau kota anda. Dan pilih pointer di peta yang tampil. Data komoditas yang sudah tertanam akan otomatis tersaji ditambah dengan luasan lahan yang tertanam. 

Check Prices 

Setelah anda panen, cocokan harga pasar sehingga anda bisa mentukan harga panen yang menguntungkan. Data-data harga komoditas adalah data yang dinput secara mandiri oleh pengguna aplikasi. Andapun bisa ikut berkontribusi untuk memperkecil kemungkinan kerugian petani akibat butanya petani para harga pasar yang terkini. 

Fertilization Recommendations

Mencocokan dengan data lokasi anda berada atau lokasi tanam anda dengan komoditas yang akan anda tanam. Dilengkapi dengan kalkulator pupuk, fitur ini akan menjawab rekomendasi nutrisi yang kita butuhkan untuk tanaman kita untuk hasil yang maksimal. 

Selain lima fitur teratas yang sering kami gunakan, ada beberapa fitur lain mulai cuaca dan prediksi cuaca hingga curah hujan, serta fitur jual beli yang akan memudahkan proses penjualan hasil panen petani nantinya.

Penasaran? Silahkan download aplikasi SIPINDO melalui referral code kami di bawah ini: 

https://sipindo.page.link/SDEukw6CFNfW6iNC6

Leave A Comment