Wujudkan Kebun Rumah Demi Ketahanan Pangan Keluarga

Sejak 2017, kami mempromosikan pertanian perkotaan sebagai solusi ketahanan pangan di masa depan. Masyarakat perkotaan kami ajak untuk menanam kebutuhan pangan mereka sendiri. untuk mengurangi budget belanja kebutuhan pokok bulanan. Dengan moto “1Rumah, 1Kebun” kami pertajam kembali semangat ini melalui platform digital kami bernama temanberkebun.com pada tahun 2018.

Wabah Covid-19 memberikan kita pelajaran yang tidak akan terlupakan yang akan terus diingat oleh anak dan cucu kita. Salah satunya adalah pentingnya ketahanan pangan yang dimulai dari lingkaran terkecil yaitu keluarga. Karena kita tidak bisa memprediksi masa depan dengan teknologi apa pun. Ketika kita melihat masa depan, kini yang kita lihat adalah ketidakpastiaan itu sendiri. Namun, manusia sebagai makhluk Tuhan paling sempurna diberikan keahlian adaptasi hingga pada kondisi terekstrem dibandingkan makhluk apapun dengan akal yang kita punya.

Masyarakat perkotaan selalu dibenturkan pada kesibukan pada rutinitas harian yang menyita waktu, tenaga dan pikiran. Sehingga jarang sebuah keluarga, mempertimbangkan untuk membuat kebun mereka sendiri dirumah mereka. Memulai kembali bukan hal yang mudah, karena pengetahuan yang minim sering menjadi batu sandungan bagi pemula. Namun, mudahnya akses informasi saat ini tentunya akan mempermudah lagi proses belajar kita.

Pemanfaatan limbah plastik untuk berkebun di rumah

Mungkin, inilah saat yang tepat untuk kita memasukan daftar “kebun pangan impian” pada daftar harapan kita yang ingin kita wujudkan dalam waktu dekat. Bayangkan apa saja kebaikan yang bisa didapatkan apabila hal itu bisa terwujud. Terciptanya waktu keluarga yang lebih berkualitas, ketersediaan panganan sehat di rumah, hingga meminimalisir lonjakan harga kebutuhan pokok yang diakibatkan panic buying di tengah kondisi yang tidak bisa terprediksi seperti ini.

Kebun pangan rumah bisa diwujud di lahan sempit, atap rumah atau bahkan teras rumah kita. Dengan optimalisasi lahan sempit yang gencar dipromosikan oleh temanberkebun.com, ternyata banyak sekali strategi yang dapat di munculkan di rumah anda dengan berbagai macam teknis berkebun mulai dari organik, hidroponik, vertikultur hingga aquaponik. Belajar sembari bersama mewujudkan kebun impian bersama kami dapat anda akses melalui website, instagram, facebook, dan whatsapp.

TAGS :

Leave A Comment