Menabur Benih, Menyemai Harapan

Dalam kegiatan berkebun kita tidak dapat melewatkan kegiatan menyemai bukan? Cara penyemaian yang baik juga menjadi kunci keberhasilan tanaman di fase-fase pertumbuhan tanaman kita lebih lanjut. Yang perlu diperhatikan adalah mulai dari media tanam yang digunakan, nutrisi pendukung, cara penyemaian berdasarkan karakter tumbuh dari tanaman yang akan kita semai hingga cara menyiramannya. Sehingga, tanaman yang kita tanam dapat tumbuh sesuai dengan dengan harapan kita.

Kegiatan ini sering menjadi hal yang kadang kurang diperhatikan sehingga menimbulkan masalah di kemudian hari ketika tumbuhan mulai melangkah ke fase pertumbuhan yang lebih lanjut. Pendapat seperti “Merawat tanaman seperti merawat anak sendiri” adalah sepenuh benar dalam hal ini. Faktor teknis maupun non-teknis perlu dipikirkan dan dipertimbangkan sedini mungkin bahkan saat tanaman ada di fase benih.

Memang sedetil itu yang perlu kita perhatikan pada saat kita mulai menyemaikan benih. Seperti harapan yang kita pupuk dari awal, saat kita mencoba mencapai cita-cita yang kita harapkan. Dengan dukungan yang positif dan kritik yang membangun tentunya bukan tidak mungkin apa yang kita cita-citakan dapat terwujud. Sama halnya dengan kegiatan penyemaian, ketika anda sudah memperhatiakan aspek teknis dan non teknis di lapangan saat kegiatan penyemaian, sudah barang tentu benih anda bakal tumbuh sesuai dengan apa yang anda harapan. Namun kedua kondisi tersebut memliki strategi yang hampir sama yaitu “bersabarlah” karena hasil yang baik membutuhkan kesebaran yang ekstra. Karena itu hanya masalah waktu, dan waktu akan menguji kesabaranmu.

TAGS :

Leave A Comment