Kenapa Pertanian Perkotaan?

Berkebun di perkotaan bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Selain dihadapkan dengan lahan yang terbatas, hasil pertanian perkotaan belum tentu dapat terserap di pasar. Namun, kegiatan berkebun di tengah masyarakat bisa menjadi sebuah potensi eknomi yang besar apabila dikerjakan dengan serius.

Semakin menipisnya generasi petani di pedesaan, diperburuk lagi dengan permintaan pangan yang selalu naik seiring dengan pertumbuhan masyarakat. Pertanian perkotaan bisa menjadi solusi bagi ketahanan pangan masyarakat di masa depan. Populasi usia produktif di perkotaan juga bisa menjadi salah satu batu pijakan untuk menyegarkan kembali wajah pertanian Indonesia.

Dengan mengembangkan pertanian perkotaan bukan serta merta meneggelamkan pertanian konvensional yang kerap berlokasi di pedesaan atau daerah peyangga. Perkotaan yang memiliki banyak kelebihan dari segi pertumbuhan ekonominya. Dengan tumbuhnya bisnis-bisnis di berbagi bidang di perkotaan, pertanian bisa mengambil satu tempat sebagai sektor bisnis pilihan masyarakat urban yang menjanjikan.

Teman Berkebun bergerak memasarkan produk pertanian perkotaan dan mendorong masyarakat untuk kembali mengoptimalkan produksi pahan di lahan sempit. Memperluas dampak dengan bekerjasama dengan beberapa stakeholder untuk memberbanyak lagi masyarakat yang kembali menam kebutuhan pangan mereka. Dengan menciptakan lumbung pangan kecil bagi warga sekitar, secara tidak langsung kita ikut mempersiapkan masyarakat untuk bertahan hidup dalam kondisi yang paling ekstrim. Karena menanam adalah keahlian dasar yang harus dimiliki oleh setiap manusia.

Vertical Gardening atau yang kerap disebut sebagai vertikultur menjadi salah satu solusi yang bisa diambil. Dengan pilihan yang beragam preferensi teknik penanaman atau budidaya apa yang akan kita terapkan, mulai dari dari hidroponik, organik, hingga aquaponik. Teman Berkebun juga akan hadir di tengah anda untuk mendampingi anda membuat kebun anda berkelanjutan.

TAGS :

Leave A Comment