Memperluas ‘Impact’ dengan Berkelompok

Menggandeng Rotary Club  Semarang Pandawa sejak awal pandemi hingga kini menjadi salah satu langkah kami dalam memperluas ‘impact’ dari kegiatan dan program yang kami perkenalkan kepada masyarakat. Menerapkan eksosistem bisnis yang berwawasan sosial adalah salah satu semangat kami sejak awal Bhumi Horta, sebagai payung organisasi kami berdiri pada tahun 2017. Semangat kami turut didukung oleh para mitra kami serta para stakeholder termasuk Rotary Club Semarang Pandawa pada awal tahun ini.

Pada hari Minggu, 11 Oktober 2020, telah kami terjadi penandatanganan surat kerjasama antara CV Bhumi Horta (Teman Berkebun) dan Rotary Club Semarang Pandawa terkait dengan  pelaksanaan program 1 Rumah 1 Kebun. Untuk tahap pertama kami telah memilih lokasi di Kelurahan Sendangguwo dengan melibatkan warga setempat. Penandatanganan ini adalah bentuk komitmen bersama antara Teman Berkebun dan Rotary Club Semarang Pandawa untuk keberlanjutan program ini di Kelurahan Sendangguwo.

Memanen hasil bumi Kelompok Tani Sekar Melati

Salah satu isi dari kesepakan kedua belah pihak adalah, pembentukan kelompok tani sekaligus yang akan menjadi anggota ‘rotary corps’ yang menjadi perpanjangan tangan dari rotary club Semarang Pandawa. Kelompok tani yang terbentuk, bersama dengan kami akan terus memperkenalkan gerakan menanam tanaman pangan  keluarga di lahan sempit di perkotaan.  

Program 1 Rumah 1 Kebun adalah program yang diluncurkan sejak tahun 2017 oleh CV Bhumi Horta melalui Teman Berkebun. Program ini adalah bentuk usaha kami untuk memperkenalkan kebiasaan berkebun dari tingkat keluarga. Perubahan kecil ini terus kami perkenalkan sehingga terbentuk masyarakat yang mandiri dan memiliki kesadaran terhadap lingkungan sekitar yang lebih baik di masa depan.

Leave A Comment