Menghadirkan Edible Garden di Lahan Kopi Kebun

Kami mendapatkan kesempatan yang cukup istimewa untuk mengembangkan lahan seluas 3000 m2 di salah pojok BSB City, Kota Semarang. Lokasinya berada di Kompleks Eks-Kantor Pusat Perkebunan Karet Kalimas BSB City. Kami berkolaborasi dengan tim divisi Perkebunan BSB City untuk menghidupkan kembali lahan hutan karet yang sudah berhenti produksi sejak tahun 2015 silam.

Dengan mengusung tema Sustainable Edible Garden Project, kebun ini diharapkan dapat menjadi solusi pelengkap bagi restoran Kopi Kebun yang lebih dahulu berdiri. Pengelolaan ‘grey water’ limbah buang dari Restoran akan dikelola untuk keperluan irigasi lahan kebun di belakangnya, yang nantinya dapat menunjang sumber logistik pangan untuk kebutuhan pelanggan Resto Kopi Kebun.

Selain itu, kami juga senantiasa berusaha untuk memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar. Kebun ini juga memiliki fungsi edukasi bagi siapa saja yang tinggal di sekitar kebun untuk belajar berkebun dengan cara organik.Kegiatan sosial ekonomi bersama masyarakat sekitar berupa penyelenggaraan “Pasar Kebun” juga menjadi salah satu rencana yang ingin kami wujudkan di lahan ini.

Pengerjaan lahan mulai berjalan sejak awal bulan Juni 2021, dan terus berjalan hingga kini.

Author

  • Itsnani Mardlotillah

    I used to work as a Project Development specialist working with International networks such as CCIVS of UNESCO, NVDA, Africa Network, and Pan America, for more than 5 years. I am a multitasking person. I can be placed in several tasks. As a professional, I work independently as a bilingual writer (EN & ID), graphic designer, website developer, and collaborative freelance researcher. In 2017 I decided to establish my enterprise called Bhumi Horta. Now we have Bhumi Horta Ent or temanberkebun.com, Bhumi Media, and Bhumi Horta Foundation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *