Mengenal Alam Melalui Kegiatan Membibit dan Menanam

Momen berkebun bagi sebagian orang adalah momen saat kita bermeditasi. Karena pada saat itu, kita bisa mendengar dan merasakan lebih baik. Melalui kegiatan berkebun kita menjadi tahu bahwa tanaman adalah makhluk hidup yang perlu kita perlakukan dengan layak. 

Setelah lama kami vakum menggelar kelas berkebun secara offline dikarenakan pandemi yang melanda selama dua tahun terakhir, di bulan ini akhirnya kami membuka kembali kelas-kelas berkebun offline secara bertahap. Kegiatan ini pastinya menerapkan protokol kesehatan yang direkomendasikan oleh pemerintah. Peserta kami batasi melalui registrasi di halaman temanberkebun.com/agenda. 

Kelas berkebun kali ini kami adakan di salah satu kebun dampingan kami pada hari minggu sore, 28 November 2021. Berlokasi di Kota Lama Semarang, Spiegel Bar & Bistro telah bekerjasama dengan kami dalam mewujudkan rooftop garden yang produktif sejak tahun 2019. Di lahan Rooftop Garden Spiegel kami menanam berbagai macam tanaman herba eropa seperti: tarragon, basil, mint, thyme, dan rosemary. 

Kali ini kami mengajak para peserta untuk kembali ‘membumi’ dengan mempelajari aktivitas pembibitan dan penanaman. Melalui aktivitas pembibitan apa saja elemen yang perlu kita perhatikan, dan mengetahui bagaimana kita menyikapinya. Hasil pembibitan yang baik berawal dari persiapan media tanam yang sehat, benih yang sehat, serta kondisi tempat yang mendukung perkecambahan. Hingga saat bibit siap untuk dipindah tanamkan di lahan, manusia memiliki peran penting dalam menyukseskan tahapan ini. 

Masing-masing jenis tanaman memiliki habitatnya masing-masing. Oleh karena itu, peserta diajak untuk mengenal beberapa elemen mulai dari air, dan tanah mengambil peran yang sangat penting pada kegiatan ini. Peserta juga mempelajari bagaimana kondisi tempat pembibitan yang ideal. Faktor yang mempengaruhi mulai dari kelembaban, arah angin, hingga intensitas cahaya. Tidak lupa juga peserta dikenalkan beberapa hewan yang bisa mendukung aktivitas berkebun di tahapan ini dan bagaimana cara menyikapinya. 

itsnanim

Leave A Comment