Menandai Jalan Akses Kebun Dengan Sereh

Sereh memiliki kegunaan yang cukup banyak dalam aspek kehidupan manusia. Pangkal batang tanaman sereh biasanya dimanfaatkan untuk berbagai masakan tradisonal nusantara. Daunnya dapat disuling menjadi minyak sereh dengan beragam manfaat mulai dari bahan baku industri sabun, parfum, kosmetik, antiseptik, aromaterapi, dan sebagai bahan aktif pestisida nabati.  

Di Kebun Rembes kami sedang mencoba untuk memperluas kebun produksi kami. Demi memberikan keamanan bagi bedeng yang sedang kami buat, kami merasa perlu menandai jalan akses perawatan. Setelah sebelumnya di area timur kami menggunakan daun suji dan papaya jepang, kali ini kami menggunakan tanaman sereh yang tumbuh subur di parit yang kami buat untuk mengolah limbah grey water kami.

Pembuatan jalanan akses yang jelas di kebun adalah hal yang penting. Terlebih lagi, lokasi ini kerap kali dikunjungi orang-orang yang tidak paham bagian-bagian kebun yang tengah kami kembangkang bersama tim kecil kami. Jalan akses ini perlu ditandai agar kita teriasa melalui area tersebut. Kebiasaan ini akan membuat jalan yang kerap kita lalui akan mengeras dan sulit untuk gulma untuk tubuh di area ini.

Author

  • Itsnani Mardlotillah

    I used to work as a Project Development specialist working with International networks such as CCIVS of UNESCO, NVDA, Africa Network, and Pan America, for more than 5 years. I am a multitasking person. I can be placed in several tasks. As a professional, I work independently as a bilingual writer (EN & ID), graphic designer, website developer, and collaborative freelance researcher. In 2017 I decided to establish my enterprise called Bhumi Horta. Now we have Bhumi Horta Ent or temanberkebun.com, Bhumi Media, and Bhumi Horta Foundation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *