Mencoba Keberuntungan Strawberry di Kebun Rembes 

Pada bulan ini kami sedang mensimulasikan komoditas baru yang cukup ambisius di area ini. Komoditas yang dimaksud adalah Strawberry. Komoditas ini identik dengan daerah dingin yang memang salah satu syarat tanaman ini dapat tumbuh dan berbuah secara maksimal. 

Namun bukan berarti komoditas ini tidak dapat tumbuh dan berbuah di dataran rendah. Teman Berkebun bersama dengan para mitra dampingan kami sempat mengujicobakan komoditas ini di Kota Semarang bawah, tepatnya area kecamatan pedurungan. Area ini adalah rumah bagi kelompok tani perkotaan dampingan kami ‘Kelina Panden’,

Secara mengejutkan komoditas ini dapat berumur panjang dan berbuah secara rutin di sepanjang gang kelinci. Orang pun dibuat terheran-heran dengan capaian yang kami buat. Ketika kami mendapatkan amanah di lahan di area kecamatan mijen yang memiliki iklim yang lebih sejuk, membuat kami tertarik untuk menguji cobakan kembali. 

Kali ini kami menggabungkan kolam ikan mangkrak di area ini yang kami rencanakan untuk dihidupkan kembali. Kolam ikan ini nantinya memiliki peran yang penting untuk memastikan tanaman strawberry yang akan kami tanam mendapatkan pasokan air cukup dan menjaga suhu bawah tanaman yang menjadi kunci dari keberhasilan membudidayakan strawberry di area yang beriklim hangat hingga panas. 

itsnanim

Leave A Comment