Kedatangan Keluarga Kecil dari Belgia di Kebun Mitra

Pernah terlibat dalam dunia kerelawanan internasional, sekitar belasan tahun yang lalu membuat kami kadang rindu dengan suasana ini. Suasana dimana kami bekerja sama dengan sesama relawan dari segala penjuru dunia. Melalui program Eco-smart Xchange dari Bhumi Horta Foundation, di pertengahan kami akan memulai incoming program yang sempat tertunda akibat pandemi 3 tahun silam. 

Incoming program adalah program penerimaan relawan di kebun-kebun yang kami dampingi. Program ini memungkinkan relawan dari segala penjuru dunia untuk datang ke Indonesia dan berkontribusi langsung di mitra kebun kami. Program ini adalah hasil kolaborasi program antara Bhumi Horta Foundation dan Indonesia Volunteer for Peace (Cabang dari SCI International). 

Kali ini kami mengadakan very short family workcamp dengan keluarga dari Belgia. Mereka adalah suami Istri, Lili & Tom, beserta kedua anak perempuannya Annae & Ellea. Lili pernah mengikuti program kerelawanan di Indonesia pada 2005 silam. Ini sekaligus menjadi nostalgia baginya setelah belasan tahun dari tahun terakhir dia mengikuti program serupa di Indonesia.

Kali ini mereka berkesempatan untuk menyambangi beberapa kebun yang Teman Berkebun dampingi. Kebun dampingan yang berpartisipasi kali ini adalah Kebun Qita, Kebun Rembes, & Kebun Nursery Helen. Mereka berkesempatan untuk berpartisipasi aktif di kebun mulai dari menanam, melakukan kegiatan pembibitan serta berdiskusi tentang kondisi pertanian di dua negara Belgia & Indonesia. 

Di sela-sela kegiatan berkebun di kebun mitra kami, Tom sekeluarga juga berksempatan untuk mengunjungi beberapa lokasi bersejarah di Kota Semarang. Skema seperti ini, kami sebut dengan Family Camp. Dengan skema ini relawan dapat berpartisipasi di dalam sebuah proyek kerelawanan bersama dengan anggota keluarganya. Lama dari program ini mulai dari 3 hari hingga 3 minggu. 

itsnanim

Leave A Comment