Mengisi Daya ke Indigo Space Sebelum Ngebun Lagi

Hal yang selalu membuat kami terharu sekaligus membesarkan hati kami adalah ketika kita tahu ternyata banyak dari orang-orang sekitar kami yang peduli akan permasalah yang sedang kita garap. Mengurai benang kusut industri pertanian di Indonesia bukan hal yang mudah. Itulah yang membuat kami semenjak hampir 6 tahun kami berdiri, di tahun ini kami masih berfokus pada pendampingan budidaya yang menerapkan prinsip-prinsip permakultur.

Tidak mudah pula untuk mengajak ‘orang lama’ bahwa ada peluang-peluang baru yang ada di luar sana. Karena kita semua terkadang sudah terlanjut nyaman dengan keadaan yang sekarang kita rasakan. Kondisi stabil dan tidak banyak gejolak, berhasil membuat kita lengah untuk menggali hal-hal baru. Untuk itu membaca buku adalah alat bagi kami untuk terus membuat rasa keingintahuan ini tumbuh, dan momen bagi kami untuk diam sejenak untuk sekedar merefleksikan diri sendiri tentang apa yang sudah dilalui, lalu yang akan dilakukan kedepannya.

‘Menjadi Muda’ bukanlah hal yang mudah untuk masuk di industri ini. Kita akan berhadapan dengan orang-orang yang lebih dahulu merasakan pahit getir kehidupan daripada kita. Adalah ‘keraguan’ yang selalau terbersit dari benak para petani ketika mereka melihat kami. Wajah yang terlihat muda dengan pengalaman lapangan yang jelas kalah dari mereka yang sudah menggantung nasib pada industri ini puluhan tahun. Itulah yang akhirnya kami menepi sejenak di akhir tahun 2019 hingga kini untuk lebih fokus kepada para petani pemula yang ingin berproses bersama tanpa mementingkan label yang orang sematkan kepada kita.

Sesi Teman Berkebun di Indigo Space

Bertemu dengan para pemuda yang tergabung di dalam sebuah acara yang diadakan oleh Indigo Space Semarang (31/08) adalah waktu dimana kami kembali memaknai perjalanan kami. Terobati sudah setelah kita sekian lama kita hanya bersua melalui layar komputer kita, akhirnya kedaan memperkenankan kita untuk kembali bertatap muka. Kita berbagi tentang apa yang sudah kami capai hingga saat ini, dan berharap para audiens yang hadir dapat juga terpanggil untuk menggarap hal yang sama atau mungkin hal yang belum dapat kami lakukan selama ini.

Dengan bercerita mengenai apa yang sudah kami lalui, kami sadar bahwa kami baru dapat membuat perubahan kecil. Namun, bukankah perbahan besar selalui dimulai dari satu langkah kecil? Kami berharap bahwa forum seperti ini tidak hanya menjadi ajang bagi para pendiri startup untuk memerkan segala capaiannya dengan semakin membusungkan dada. Namun, datang dengan semangat untuk memperluas impact dari startup yang telah didirikan dan mengundang semakin banyak pemuda yang ikur terus mengubah wajah bangsa ini di mata dunia.

itsnanim

Leave A Comment