Kelas Berkebun Bersama Adek-Adek KB PL Don Bosko

Pada hari jumat pekan ini (26/02) kami kembali melaksanakan Kelas Berkebun for Kids. Kali ini, kami kedatangan tamu tamu kecil dari Kelompok Belajar PL Don Bosko Semarang. Mereka berjumlah 25 anak, berumur kurang lebih 3 – 4 tahun. Kelas Berkebun for Kids kali ini diadakan di Kebun Qita di Jl. Kyai Saleh No.13, Kota Semarang.  

Berkebun di usia dini sejatinya memiliki banyak kebaikan dalam jangka panjang. Selain melatih motorik halus anak, orang tua juga dapat membawa anak untuk lebih mengenal alam, dan makhluk hidup di sekitar mereka yang perlu kita jaga. Beraktifitas di alam bebas juga dapat melatih anak dalam meningkatkan rasa empati sehingga anak dapat lebih peduli pada lingkungan sekitarnya.

Kegiatan kami mulai dengan perkenalan dan melakukan role games bersama anak-anak agar anak dapat merasa senang dan tertib dalam melaksanakan kegiatan ini. Pendampingan orang dewasa sangat penting untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan pada saat aktivitas berkebun. Tidak lupa kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan menghindarkan anak dari macam penyakit yang berasal dari kuman dan virus. 

Keterlibatan orang dewasa saat berkebun bersama anak

Keterlibatan orang dewasa pada saat aktivitas berkebun juga dapat membantu para orang tua dalam menganalisa perilaku anaknya. Meliputi interaksi anaknya terhadap alam, bagaimana dia bekerja sama dengan teman sebayanya hingga bagaimana mereka menyelesaikan masalah yang mereka temui. 

Kelas Berkebun for Kids dilakukan dengan metode non-formal yang memberikan informasi tentang soft skill dan hard skill tentang aktivitas berkebun dengan metoda permakultur yang diperuntukan untuk anak-anak. Teman Berkebun bersama para mitra juga melaksanakan Kelas Berkebun untuk masyarakat umum atau dewasa. Untuk pertanyaan lebih jauh silahkan hubungi kami melalui DM IG @temberkebun atau via WhatsApp di 0812-1504-4180.

Author

  • Itsnani Mardlotillah

    I used to work as a Project Development specialist working with International networks such as CCIVS of UNESCO, NVDA, Africa Network, and Pan America, for more than 5 years. I am a multitasking person. I can be placed in several tasks. As a professional, I work independently as a bilingual writer (EN & ID), graphic designer, website developer, and collaborative freelance researcher. In 2017 I decided to establish my enterprise called Bhumi Horta. Now we have Bhumi Horta Ent or temanberkebun.com, Bhumi Media, and Bhumi Horta Foundation.

    View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *