Ali Garden, Permaculture Project di Kendal

Awal tahun 2021 adalah kami membuka kesempatan kolaborasi kami dengan Yayasan Al Amin Auliya Kendal. Kami menempatkan satu fasilitator berkebun di Sekolah Alam Auliya Kendal, dan ikut mengaktifkan kembali kebun permakultur yang terletak di Desa Patebon, Kabupaten Kendal yang merupakan bagian dari lahan Sekolah Muda Membangun, yaitu jenjang lanjutan (setingkat SMP) setelah sekolah alam (setingkat SD). Program berkebun adalah media pembelajaran yang tidak bisa dipisahkan dari kurikulum sekolah alam.

“Ali Garden” adalah nama yang kami sematkan untuk kebun yang sedang kami bersama benahi. Lahan ini tergolong lahan pertanian dataran rendah. Kebun kami saat ini, dikelilingi lahan persawahan konvesional yang dikelola oleh warga setempat. Kami bekerjasama dengan warga setempat untuk membuat pusat kegiatan sekaligus tempat belajar bagi masyarakat setempat mengenai teknik berkebun cara organik yang tidak jauh tempat mereka tinggal.

Selain sinergi bersama dalam pembenahan kebun permakultur, Teman Berkebun melalui jejaring kerelawanan internasional Service Civil International, akan menghadirkan program kerelawanan lokal maupun internasional dalam jangka pendek, menengah maupun panjang. Program ini memungkinakan relawan baik asing maupun lokal untuk berpartisipasi aktif sebagai relawan di kebun kami. Untuk menggerakan roda ekonomi masyarakat setempat,

Teman Berkebun juga berencana untuk mengadakan event bulanan ‘Pasar Kebun’ Offline. Para pelaku UMKM setempat dapat berkumpul di tempat ini dan ikut mempromosikan potensi lokal. Pasar Kebun juga bisa menjadi moment masyarakat untuk memanen dan membil produk sehat, langsung dari kebun organik terdekat. Dalam waktu dengat kami akan mengundang para pelaku UMKM untuk ikut meramaikan kebun kami. Jadi, Stay Tuned!

Author

  • Itsnani Mardlotillah

    I used to work as a Project Development specialist working with International networks such as CCIVS of UNESCO, NVDA, Africa Network, and Pan America, for more than 5 years. I am a multitasking person. I can be placed in several tasks. As a professional, I work independently as a bilingual writer (EN & ID), graphic designer, website developer, and collaborative freelance researcher. In 2017 I decided to establish my enterprise called Bhumi Horta. Now we have Bhumi Horta Ent or temanberkebun.com, Bhumi Media, and Bhumi Horta Foundation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *